Cara Diet

By | September 20, 2013

Cara Diet

Penyebab Asam Urat

Cara Diet - Asam urat menyerang seseorang dengan tidak mengenal batas usia dan jenis kelamin. Baik seseorang yang berusia muda ataupun tua, maupun laki-laki atau perempuan, sangat rentan terkena penyakit asam urat. Tentu saja hal ini cukup mengkuatirkan. Terlebih kita tahu dampak dari penyakit asam urat ini tidak hanya membuat persendian menjadi nyeri, bengkak, ataupun meradang.

Apabila penyakit ini sudah mengarah pada gejala yang kronis, akan menimbulkan banyak kerugian bagi si penderita. Selain rasa sakit yang teramat sangat yang di timbulkan oleh penyakit asam urat kepada penderitanya, untuk pengobatannya pun diperlukan waktu dan biaya yang tidak bisa di bilang sedikit.

Banyak resiko yang bisa di timbulkan dari asam urat. Salah satunya penyakit jantung, dan beberapa penyakit kronis lainnya. Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui penyebab asam urat. Dengan begitu, kita dapat mengantisipasi penyakit asam urat sejak dini. Seandainya kita sudah mengalami gejala asam urat, kita pun dapat mengurangi hal-hal yang menjadi penyebab asam urat, sehingga penyakit tersebut tidak semakin parah.

Berikut ini adalah beberapa penyebab dari asam urat, antara lain :

Faktor hormon dan genetika dapat menyebabkan seseorang menderita asam urat. Hal ini bisa dikatakan, faktor keturunan dapat berpengaruh besar pada seseorang.

Terlalu banyak mengkonsumsi produk makanan yang mengandung kadar purin tinggi dapat menjadi penyebab asam urat, contohnya daging, jeroan, kacang-kacangan. Apabila kita berpotensi menderita asam urat, perlu dihindari makanan dengan kadar purin tinggi.

Metabolisme tubuh tidak sempurna dan tidak bekerja secara optimal dapat menjadi penyebab dari asam urat. Salah satunya yang terjadi pada penderita Diabetes atau penyakit gula Hal ini karena tidak terkonrolnya hasil pembuangan metabolisme lemak yang tinggi.

Meningkatnya asam urat bisa pula di sebabkan karena mengkonsumsi obat-obatan medis secara terus menerus, sangat rentan terkena asam urat. Begitu pula dengan minuman dengan kadar alcohol.

Obesitas atau kegemukan pun bisa menjadi penyebab seseorang menderita asam urat. Demikian pula dengan penyakit kulit, dan kadar trigliserida yang cukup tinggi.

 

 Cara Diet

5 Hidangan Laut Yang Wajib Dihindari Penderita Asam Urat

Cara Diet - Banyak makanan laut yang patut diwaspadai penderita asam urat. Ikan salmon bisa menjadi perkecualian sebab mengandung asam lemak omega-3 yang kaya. Sebisa mungkin hindari 5 hidangan laut penyebab berlebihnya asam urat dalam tubuh berikut ini, apalagi jika diolah dengan cara digoreng.

1. Udang

Kandungan purin pada udang mencapai 234 mg per 100 gram. Jadi, kalau Anda penderita asam urat akut yang hanya butuh pasokan purin 100-150 mg per hari, dilarang keras menyantap udang lebih dari satu ons. Untuk memudahkan, kira kira  porsi untuk penderita asam urat ialah maksimal 4 udang kecil yang biasa digoreng tepung.

2. Kepiting

Olahan kepiting asap memang menggoda, tapi ingat kandungan purin tinggi berbahaya bagi penderita asam urat akut. Apalagi kolesterol dalam kepiting juga lumayan tinggi, yaitu sekitar 76 mg/ 100 gram. Adapun jumlah kolesterol yang dianjurkan ialah 300 mg per hari. Ingat, kebutuhan kolesterol Anda tidak semata dari kepiting saja sebab Anda makan makanan lain juga kan? Jangan berlebihan makan kepiting, cukup satu buah berukuran sedang.

3. Cumi -cumi

Cara Diet

Cara Diet - Pada sajian khas Cirebon Nasi Jamblang, cumi-cumi diolah bersama tinta hitamnya, disebut blakutak. Biasanya dimakan bersama nasi panas wangi daun jati dan sambal. Karena ukurannya kecil-kecil, bisa bikin orang tidak sadar menyantap cumi-cumi terlalu banyak. Hati-hati jika Anda penderita asam urat, plus waspadai olahan cumi asin terutama jika Anda mengidap darah tinggi.

4. Kerang

Olahan kerang yang dibakar, rebus ataupun goreng memang menerbitkan selera. Namun kerang, seperti juga hidangan laut lain, mengandung purin yang tinggi. Kalaupun ngidam kerang, makan yang direbus dalam jumlah kecil dan santap bersama lalapan seperti selada dan timun.

5. Ikan makarel

Biasanya ikan makarel diolah menjadi sarden. Dalam bentuk segar saja, daging ikan makarel sudah patut diwaspadai oleh penderita asam urat karena kandungan purinnya masuk kategori tinggi 100- 1000 mg/100 gram. Apalagi dalam bentuk olahan yang diawetkan seperti sarden.

 

Incoming search terms:

thermolet plus cocok ga bwt laki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *